Oleh : DADAN WAHIDIN, S.Pd
SDN CIKAMPEK UTARA III
Bahasa Inggris adalah salah satu pelajaran yang mungkin akan sangat sulit diserap oleh siswa di sekolah, karena memang kondisi sekolah tempat saya bertugas berada jauh dari pusat keramaian kota yang mungkin akan sangat asing mendengar kata-kata dalam bahasa inggris dan jarang sekali untuk digunakan. Padahal pembelajaran bahasa inggris agar dapat lebih efiktif untuk dipelajari adalah seberapa sering atau seberapa banyak siswa berinteraksi dengan menggunakan bahasa inggris, namun karena memang kondisinya sangat asing dengan kata-kata berbahasa inggris perlu diterapkan strategi-strategi pembelajaran yang inovatif untuk menjangkau daya serap siswa agar dapat diserap secara maksimal dan sesuai dengan tahap perkembangan siswa.
Dalam
Pembelajaran Bahasa Inggris di Sekolah Dasar sendiri materi
pembelajarannya adalah pengenalan kosakata bahasa inggris (Vocabulary).
Namun agar tidak menimbulkan suasana yang monoton dan menimbulkan
kebosanan perlu diterapkan strategi pembelajaran yang dapat memberikan
rangsangan motivasi belajar dan kreatifitas siswa. salah satu strategi
pembelajaran yang dapat digunakan adalah dengan melibatkan anak dalam
sebuah karya yang dibuat sendiri dengan disisipi konsep-konsep, karena
tahap perkembangan anak ketika Sekolah dasar adalah peralihan antara
tahap perkembangan kongkret ke abstak yang artinya perlu diterapkan
strategi pembelajaran yang dapat menjangkau tahap perkembangan seluruh
siswa yang ada, baik yang sudah mampu pada tahap abstak maupun masih
pada tahapan benda konkret sehingga seluruh siswa dapat mempunyai
kesempatan yang sama untuk memahami pelajaran bahasa inggris ini.
Pada mata pelajaran ini saya mencoba untuk membahas mengenai materi pelajar binatang dan buah-buahan : Animal and Fruits. saya mencoba melibat siswa untuk materi ajar bahasa inggris kali ini dan hasilnya adalah sebagai berikut :
APPLE AND MOUSE
FROM : SITI LUTFIAH
GRADE : SIX
SDN CIKAMPEK UTARA I
SDN CIKAMPEK UTARA I
The Best Images From The Task Of Learning English 1
GIRAFFE AND GRAPE
FROM : VIA RAHMAWATI
GRADE : SIX
SDN CIKAMPEK UTARA I
FROM : VIA RAHMAWATI
GRADE : SIX
SDN CIKAMPEK UTARA I
The Best Images From The Task Of Learning English 1
PAPAYA AND ZEBRA
FROM : WINDA WIDIASTUTI
GRADE : SIX
SDN CIKAMPEK UTARA I
SDN CIKAMPEK UTARA I
The Best Images From The Task Of Learning English 1
Bahan (hasil karya siswa) ini dapat dijadikan pengambangan pembelajaran untuk selanjutnya. misalnya dengan tanya jawab bahasa inggris dengan menutup nama gambar yang telah dibuat.
Semoga strategi ini bisa menjadi bahan referensi anda dalam Pembelajaran bahasa inggris, khususnya pembelajaran bahasa inggris di Sekolah Dasar (SD).
No comments:
Post a Comment