SELAMAT DATANG DI BLOG SDN CIKAMPEK UTARA 3 KECAMATAN KOTABARU KABUPATEN KARAWANG
Powered by Blogger.

rss

Wednesday, July 3, 2013

BISAKAH INDONESIA? (HARI TANPA KANTONG PLASTIK)

Tahukah kamu bahwa, hari ini, tanggal 3 Juli merupakan hari tanpa kantong plastik sedunia?. memang tidak banyak orang tahu bahwa tanggal tersebut adalah tanggal diperingatinya hari tanpa kantong plastik sedunia. padahal hari tersebut sangat penting yang seharusnya masyarakat Indonesia ketahui. 
Mengapa demikian? sekarang coba lihat disekitar kita, berapa banyak kangtong plastik yang dapat kita temui, mulai dari tempat perbelanjaan, sampah yang berserakan dijalan, tumpukan plastik yang banyak dirumah setalah berbalanja, bahkan mungkin plastik yang sekarang kita pegang? namun tahukah kamu mengapa hari peringatan ini diperingati?. 

Ada apa sih dengan kantung plastik?. 

Perlu kita ketahui bahwa ; Setiap tahun masyarakat Indonesia dilaporkan memakai 100 miliar kantong plastik. Kebiasaan masyarakat Indonesia memakai kantong plastik yang didapat secara gratis sudah sangat mengkhawatirkan. Berdasarkan perhitungan tersebut, setiap orang di Indonesia menggunakan sekitar 700 tas plastik per tahun atau kira-kira dua kantong plastik dalam sehari. Ironisnya, banyak dari sampah kantong plastik tersebut tidak sampai ke tempat pembuangan sampah dan hanya sedikit yang akhirnya dapat didaur ulang. Berikut adalah dampak sampah plastik terhadap lingkungan : 
  1. Racun dari partikel plastik ketika masuk ke dalam tanah akan membunuh hewan-hewan pengurai seperti cacing. 
  2. PCB (Polychlorinated Biphenyl) tidak dapat terurai meskipun termakan oleh binatang dan akan menjadi pembunuh berantai sesuai urutan rantai makanan. 
  3. Kantong plastik dapat menganggu jalur air yang teresap ke dalam tanah. 
  4. Kantong plastik dapat menganggu kesuburan tanah karena dapat menghalangi sirkulasi udara di dalam tanah.
  5. Hewan-hewan laut seperti lumba-lumba, penyu laut & anjing laut menganggap plastik tersebut makanan dan akhirnya mati karena tidak dapat mencernanya. 
  6. Ketika hewan mati, kantong plastik yang berada di dalam tubuhnya tidak dapat hancur dan akan meracuni hewan lain. 
  7. Pembuangan sampah plastik sembarangan di sungai akan mengakibatkan pendangkalan sungai dan penyumbatan aliran sungai yg menyebabkan banjir! 
Penjelasan diatas adalah beberapa dampak dari sampah plastik, namun sebenarnya masih banyak dampak kerugian yang akan ditimbulkan jika kita terus terlena dengan kenyamanan dan kemudahan penggunaan kantong plastik tanpa memperdulikan dampak kerusakan yang akan ditimbulkan. padahal dampak tersebut sudah terlihat jelas dan nyata ada disekitar kita. oleh karena itu, selayaknya kita sadari dari sekarang bahwa dengan peringatan Hari Tanpa kantong Plastik sedunia ini menjadi pengingat bahwa kita harus merawat lingkungan disekitar kita salah satunya adalah dengan cara mengurangi penggunaan plastik secara berlebihan dan janganlah membuang sampah plastik sembarangan. 

^_^ Semoga Bermanfaat

No comments:

Post a Comment

 
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGANNYA, SEMOGA BERMANFAAT, MOHON KRITIK DAN SARANNYA

Followers