SELAMAT DATANG DI BLOG SDN CIKAMPEK UTARA 3 KECAMATAN KOTABARU KABUPATEN KARAWANG
Powered by Blogger.

rss

Saturday, June 1, 2013

PENYEBAB DAN SOLUSI DATA HILANG PADA APLIKASI PENDATAAN / DAPODIK :




Berikut ini adalah tips dan trik bagi para Operator sekolah tentang Penyebab dan Solusi data hilang pada Aplikasi Pendataan / DAPODIK :




 




1. Penyebab : Masih menggunakan aplikasi versi lama, dibawah v.1.0.12.**
Solusi : Silahkan update aplikasi dengan versi terbaru yaitu v.1.13.0.1 (Untuk perbedaan perbaikan silahkan baca Log Aplikasi Pendataan). File installer aplikasi dapat di unduh di
http://infopendataan.dikdas.kemdiknas.go.id/new/index.php/c/pg/panduan-aplikasi

2. Penyebab : Salah dalam penginputan prasarana dan sarana. Penginputan yang salah yaitu ketika ingin menambahkan data baru. Kita menyiapkan beberapa baris kosong, baru kemudian dilengkapi kolom-kolomnya.
Contoh : menambahkan/menyiapkan 5/lebih baris kosong, baru kemudian kolom-kolomnya di input dan di isi.
Cara diatas adalah cara pengisian yang salah, karena kemungkinan data hilang akan besar.
Solusi : Cara penginputan yang benar adalah satu baris-satu baris. Dan kolom-kolomnya langsung dilengkapi semuanya dengan benar.

3. Penyebab : Salah dalam penggunaan data.db untuk digunakan dalam aplikasi lama.
Contoh : Langsung meng-copy “data.db “ dari aplikasi lama ke dalam aplikasi baru. Tanpa menggunakan fasilitas simpan lokal dan restore.
Ini adalah kesalah yang sangat fatal, karena struktur database dari aplikasi lama sudah sangat berbeda dengan aplikasi baru. Jadi di pastikan data yang bapak/ibu input akan hilang, karena sudah beda struktur database nya.
Solusi : Silahkan manfaatkan dan gunakan fasilitas simpan/lokal dan restore untuk mengembalikan data yang sudah bapak/ibu input sebelumnya.



4. Penyebab : Belum paham dan mengertinya arti dari “flag merah” pada setiap kolom ketika kita mengentri data. Perlu dipahami, bahwa arti dari “flag merah” tersebut adalah data yang di entri belum masuk ke database. Dan jika langsung di refresh dan close aplikasi, maka dipastikan data akan hilang.
Solusi : Jika terdapat “flag merah”, berarti dalam data yang di input masih ada yang invalid atau dalam satu baris tsb belum di input seluruhnya. Jadi silahkan betulkan data isian pada kolom yang ada flag tersebut hingga flag tersebut hilang dari kolomnya dan seluruh kolom pada baris tsb telah terisi.


Sekian yang dapat kami sampaikan tentang penyebab dan solusi untuk permasalahan hilangnya data pada aplikasi. Dan jika bapak/ibu mempunyai penyebab yang lain, silahkan sampaikan saja pada Tim Teknis Aplikasi Pendataan. Kita akan berusaha menemukan solusinya dengan cepat dan tepat. Kita bangun pendataan ini bersama-sama.

Untuk Contact Person Tim Teknis, bapak/ibu bisa lihat di file readme.txt, file tersebut terdapat pada direktori penginstallan aplikasi pendataan.

Semoga dapat dimengerti dan membantu
Terima Kasih
Tim Teknis Aplikasi Pendataan

Setditjen Dikdas

No comments:

Post a Comment

 
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGANNYA, SEMOGA BERMANFAAT, MOHON KRITIK DAN SARANNYA

Follow by Email

Followers